Kata-kata bijak yang dapat memotivasi hidup Anda dari para TOP CEO Amerika

Wednesday, May 8, 2013

Bagaimana janin berkembang

0-4 PEKAN
Setelah satu bulan, embrio kini besarnya masih kurang dari 0,5 cm, namun sel-selnya terus berlipat ganda jumlahnya dari waktu ke waktu.

TUBUH ANDA
Selamat Bunda, meski belum menyadari kini Anda sudah positif hamil. Kehamilan sudah terjadi pada hari pertama setelah hari terakhir haid Anda sehingga konsepsi dikatakan sudah terjadi pada minggu ketiga. Meskipun Anda belum merasakan tanda-tanda fisik, tetapi di dalam tubuh Anda sel-sel embrio terus bekerja keras melipatgandakan jumlahnya untuk mempersiapkan sampai 9 bulan kedepan.


Apa yang terjadi dalam rahim Anda? Secara normal berat rahim Anda sekitar 60 gram dan panjangnya 7,5 cm. Tetapi ketika terjadi konsepsi dengan meningkatnya jumlah estrogen membuat rahim Anda mulai membesar sebagai calon tempat bayi Anda bermukim.

Tahap-tahap perkembangan janin

Mulai terjadi penebalan di dinding rahim tempat embrio membenamkan diri dalam rahim dan serabut otot baru mulai terbentuk untuk mempersiapkan kehadiran calon bayi. Apa yang terjadi dengan serviks Anda? Serviks atau leher rahim kini melebar, semakin lembut dan warnanya semakin gelap karena suplai darah meningkat sebagai dampak kenaikan hormon estrogen. Kelenjar didalam serviks juga membentuk lendir yang tebal untuk melindungi rahim dan bayi Anda dari kemungkinan infeksi dari luar.

Tak ada lagi menstruasi. Dengan adanya embrio yang membenamkan diri dalam rahim, pesan kimiawi ini kini menghentikan siklus menstruasi dan hanya akan terjadi sedikit bercak saat embrio melekat di dinding rahim.

BAYI ANDA
Fakta bahwa kini Anda hamil adalah anugerah dari Tuhan. Saat ovulasi terjadi, satu telur (ovum) berukuran 0,2mm menuju kesaluran tuba falopi. Pada saat itu bertemu dengan sekitar 300 juta sperma yang mampu bertahan dari keasaman vagina, berenang melewati lendir dan berlomba satu sama lain untuk mencapai telur. Sebagian sperma ada yang mampu berenang lincah hanya dalam tempo 45 menit saja, yang lainnya ada yang baru bisa mencapai tujuan (ovum) dalam tempo 24 jam. Tetapi begitu bertemu dengan telur, sayangnya hanya satu saja sperma yang berhasil menembus ke dalam telur. Ketika itu kepala sperma terpisah dari ekornya dan inti kromosom sperma bersatu dengan inti telur untuk membentuk struktur dua sel yang besarnya sekitar 0.2mm.


Telur yang telah berhasil dibuahi disebut zigot dan membutuhkan waktu 4-5 hari untuk berenang melewati tuba falopi. Pada hari ketujuh, zigot ini melekatkan diri di dinding rahim dan mulai memproduksi hormon kehamilan yang disebut human chorionic gonadotrophin (HCG) dan kini mulailah terbentuk embrio. Pada bagian terluar embrio ada bagian yang disebut villi burrow yang menempel di dinding rahim dan kelak akan membentuk plasenta, tali pusat dan membran.

SUPERCELL
Sel dibagian dalam embrio membentuk tiga lapis jaringan. Bagian terluar akan membentuk kulit, mata, sistem syaraf, mammary dan kelenjar lainnya. Lapisan tengah akan membentuk otot, tulang, jaringan penghubung, pembuluh darah, organ reproduksi dan saluran kemih, sedangkan lapisan terdalam akan membentuk kelenjar-kelenjar dan organ bagian dalam tubuh seperti hati, ginjal, paru dan saluran pencernaan.


Keyword embrio | mammary | villi burrowchorionic gonadotrophin | zigot | tuba falopi | ovum | ovulasi | menstruasi | serviks | estrogen | rahim | infeksi | konsepsi | hamil